Kamis, 25 September 2014

Serunya Berkunjung ke Rumah Stroberi

Rumah Stroberi
"Wow, banyak sekali buah stoberinya yang masak, ma!"
"Ayo, ma, kita petik stroberinya sekarang!"
Begitulah komentar anak saya ketika berada di salah satu kebun stroberi di daerah Jawa Barat. Bagi anak - anak, berkunjung ke kebun stroberi dan bisa memetik langsung buah stroberi dari pohonnya memang merupakan kegiatan yang cukup menarik. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk mengisi liburan mereka. Ada satu hal lagi yang tak kalah menarik dalam mengisi liburan, yaitu menikmati makanan yang lezat dan minuman yang segar di sela - sela kegiatan liburan. Pengalaman seperti ini bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Rumah Stroberi yang terdapat di Lembang, Jawa Barat.

Rumah Stroberi beralamat di jl. Cigugur Girang no. 145 Parongpong, Lembang, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari objek wisata Kampung Gajah dan Restoran Kampung Daun. Pertama kali masuk ke tempat ini, kami berpikir Rumah Stroberi hanyalah tempat wisata dimana orang bisa memetik stroberi sendiri dan setiap orang yang berkunjung ke tempat ini bisa langsung melakukan kegiatan tersebut. Tapi ternyata di sini kegiatan petik stroberi tersedia dalam paket tertentu, harga paketnya Rp 140.000. Paket ini meliputi petik stroberi sebanyak 4 ons dan makan dengan menu nasi liwet komplit untuk 4 orang. Lalu bagaimana jika stroberi yang dipetik melebihi jumlah yang sudah ditentukan? Kelebihannya itu bisa dibayar dengan harga Rp 6.000/ ons nya. Oya, minuman tidak termasuk dalam paket ini. Pengunjung bisa memilih apakah akan makan dulu atau mau petik stroberi dulu. Kami memilih untuk petik stroberi terlebih dahulu karena ketika kami sampai di sana, waktu masih menunjukkan jam 11 siang. Jadi ketika selesai panen stroberi, waktunya pas untuk makan siang.

Serunya Panen Stroberi
Bagi para pengunjung yang ingin memetik stroberi, petugas akan mengantarkan mereka menuju kebun stroberi. Anda disediakan keranjang untuk tempat stroberi hasil panen serta gunting untuk memotong stroberi dari tangkainya. Ada beberapa kebun yang terlihat di sana. Pada waktu kami berkunjung ke Rumah Stroberi memang terlihat banyak buah stroberi yang masak. Keadaan ini berbeda dengan kunjungan kami sebelumnya ke kebun stroberi di tempat lain dimana waktu itu stroberinya sedang tidak berbuah. Karena itu lah anak saya sangat bersemangat ketika melihat kebun stroberi ini dan langsung ingin memetiknya. Jika telah selesai panen, buah stroberi hasil panen akan ditimbang oleh petugas kebun. Karena sangat bersemangat, hasil panen kami melebihi batas yang tadi ditentukan. Kelebihannya ini nanti bisa kami bayar setelah selesai makan.

Tanaman Stroberi
Stroberi adalah buah dengan rasa asam dan manis, aromanya khas, dan sering menjadi tambahan rasa pada makanan atau minuman. Obat sirup pun banyak yang tersedia dengan rasa stroberi. Bagi penggemar buah ini, rasa asamnya memberikan rasa segar. Dalam bahasa latin stroberi dikenal dengan nama Fragaria spp. Buahnya yang masak berwarna merah, sedangkan yang belum masak berwarna putih kehijauan.  Stroberi juga mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satu zat tersebut adalah vitamin C. Anak saya sangat menyukai buah ini. Dengan berkunjung ke kebun stroberi, dia jadi tahu tentang bentuk tanaman dan cara panen buah kesukaannya.

Selesai urusan panen stroberi, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan siang. Ada beberapa pilihan gaya tempat duduk yang tersedia di sini, kami memilih  tempat duduk dengan gaya lesehan. Pilihan lainnya adalah gaya barat,  koboi, dan oriental. Saat itu terlihat para pengunjung cukup ramai, mungkin karena hari itu adalah Hari Minggu dan bertepatan dengan jam makan siang. Tak lama setelah kami berada di tempat makan yang kami pilih, nasi liwet komplit pun segera disajikan. Untuk minumannya kami memilih stroberi float.
Menikmati Makan Siang

Banyak pilihan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan anak - anak, namun akan lebih baik lagi jika dari kegiatan tersebut ada pengetahuan yang bisa didapatkan. Melihat langsung tanaman stroberi serta bisa memetik sendiri buahnya akan memberikan pengetahuan dan pengalaman tersendiri bagi putera - puteri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar